Selasa, 20 April 2010

mie akong

Astaga.. baru sadar liburan kemarin masih ada beberapa makanan yang belum di review. Ini semua gara-gara KTTA yang ngerepotin. Bzzzttt…. Sampe-sampe mie akong (ini MIE PALING LAZIS SEDUNIA) gak sempat di bahas.
Setelah melalui beberapa kegagalan makan mie akong sama sumpit (karena masalah ekonomi kami berdua -_-‘), akhirnya, dengan uang yang dimepet-mepetin, bisa juga makan di mie akong. Mie akong ini tempatnya di jalan kumango, perempatan jalan guangzou deket merdeka walk. Orang-orang banyak yang nyebut ini mie kumango, tapi sebenarnya namanya mie akong (yang punya namanya si akong). Aku lebih suka nyebutnya mie akong, karena sebutan mie kumango itu untuk mie ayam kumango di deket jalan pandu, sebelah et45, yang sebenarnya juga enak banget, but more on that later.
Mie ayam kumango ini merupakan bangunan kecil, luasnya cuma 5 meja kecil di dalem dan 2 meja kecil diluar. Tempatnya indoor tapi gak berpintu, plong langsung keluar. Asiklah pokoknya. Pelayan disini dari bermacam ras lo, ada yang orang indo, orang hindi, dan Chinese pastinya. Pelayannya cewek semua. Mie akong ini menawarkan menu yang terbatas, cuma mie pangsit ayam, kuetiaw ayam, dan lumpia udang (ini ada di mie pangsit ayam juga).
Mie ayam akong ini ya gimana ya. Enak banget lah pokoknya. Mienya standar mie ayam biasa, irisan ayamnya ini enak banget (tapi kurang banyak :p), ada sayur sawinya juga bagus untuk kesehatan, ada telur rebusnya. Nah telur rebus ini rasanya beda sama telur rebus biasa, lebih padet, keras, warna kuning telurnya juga beda, enak lah pokoknya. Kesemuanya itu disiram kuah yang rasanya mantap luar biasa. Jangan lupa pake sambel dan irisan cabe merahnya ya. Belum cukup juga, ditambah lagi satu hal yang paling nendang, lumpia udang yang dipotong2. Itu lumpianyaaa, beuh beuh beuh, dahsyat! Gak tau bilang! Harus rasain! Wajib! Seumur hidup harus pernah rasain lumpia udang ini! *mulai lebai.
Intinya, perpaduan semuanya itu luarbiasa pas di lidah. Porsinya emang gak banyak, tapi gak sedikit juga, pas lah pokoknya. Sayangnya harganya juga pas sama enak mie nya. 16000 perporsi. Tapi sebanding lah. ;) Ini termasuk dalam menu wajib kalo punya kesempatan berkunjung ke Medan.

2 komentar: